Sambut Ramadan, Ratusan ontelis di Cirebon gelar tradisi munggahan dengan cara ini

- Minggu, 19 Maret 2023 | 13:48 WIB
Tradisi munggahan dengan ngontel di Cirebon (Rekanmedia.com)
Tradisi munggahan dengan ngontel di Cirebon (Rekanmedia.com)

RekanMedia.com - Ratusan ontelis dari sejumlah komunitas sepeda ontel di Cirebon dan wilayah lainnya di Jawa Barat dan Jawa Tengah, melaksanakan kegiatan munggahan jelang Ramadan, Minggu, 19 Maret 2023.

Kegiatan munggahan oleh komunitas ontel ini dalam rangka menyambut bulan Ramadan, dipusatkan di Markas Komunitas Ontel Angkatan Lansia (KOAL) Cirebon Timur di Buntet Pesantren Cirebon

"Kegiatan diawali Ngontel bareng, dari Balai Kota Cirebon ke Markas Koal Cirebon Timur," kata Ketua Koal Cirebon Timur, H. Jirjis Hiktitonu, Minggu 19 Maret 2023.

Baca Juga: Soal Rp 300 triliun, Mahfud MD tunggu panggilan DPR: Saya dan PPATK tidak mengubah pernyataan

Jirjis menuturkan, bahwa kegiatan munggahan ontelis ini, diikuti oleh sebanyak 300 peserta dari sekitar 15 komunitas ontel di Cirebon, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Selain dari Cirebon, kegiatan munggahan ontelis ini, diikuti juga oleh komunitas ontelis dari Pangandaran, Majalengka dan Brebes.

"Alhamdulillah yang hadir sekitar 300 orang dari Jabar dan Jateng," kata Jirjis.

Baca Juga: Lakalantas akibat pecah ban, Minibus ringsek pasca tabrak pembatas jalan di Surabaya

Ketua Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Cirebon, Santo Mulyono, menyambut baik kegiatan munggahan ontelis ini. Walaupun direncanakan secara mendadak, namun antusiasmenya cukup besar.

Menurut Santo, kegiatan ini juga, sebagai salah satu bentuk kegiatan menyambut Ramadan, yang beberapa hari lagi akan tiba.

"Munggahan ala ontelis, dengan cara Ngontel. Itu merupakan salah satu bentuk kesiapan fisik menghadapi Ramadan," ujar Santo.

Baca Juga: Gelar kegiatan di masjid Surabaya, Anies Baswedan dapat pesan berantai dari 'SMS blast', Bawaslu buka suara!

Opik, salah satu peserta munggahan ontelis asa Astanajapura, juga mengapresiasi kegiatan ini. Mungkin ujar Opik, kegiatan munggahan ini, merupakan kegiatan ontel penutup jelang Ramadan.

Anggota dari Paguyuban Ontel Kecamatan Astanajapura (Pokat) ini berharap, kegiatan munggahan ala ontelis ini, bisa terus dilestarikan.

Halaman:

Editor: Kholid Mawardi.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tanggap bencana, PT KPI latih relawan bencana

Selasa, 21 Februari 2023 | 00:44 WIB
X