Tahukah kalian? Dari puluhan perkara membatalkan puasa, hanya ada 3 perkara dalam al-quran

- Senin, 27 Maret 2023 | 23:37 WIB
Ilustrasi membatalkan puasa dengan makan dan minum (Freepik @jcomp)
Ilustrasi membatalkan puasa dengan makan dan minum (Freepik @jcomp)

RekanMedia.com - Tahukah kalian akan perkara-perkara membatalkan puasa?

Sebagian ulama Fikih, ada yang menyebutkan bahwa perkara yang membatalkan puasa mencapai 57 macam.

Namun begitu, ada 3 perkara yang membatalkan puasa dan diabadikan dalam alquran seperti dikutip dari laman mui.or.id.

Baca Juga: Ini sederet pahala memberikan makan untuk orang buka puasa, anda termasuk?

Allah SWT berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 187:


اُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ اِلٰى نِسَاۤىِٕكُمْ ۗ هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَاَنْتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ ۗ عَلِمَ اللّٰهُ اَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُوْنَ اَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۚ فَالْـٰٔنَ بَاشِرُوْهُنَّ وَابْتَغُوْا مَا كَتَبَ اللّٰهُ لَكُمْ ۗ وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتّٰىى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْاَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِۖ ثُمَّ اَتِمُّوا الصِّييَامَ اِلَى الَّيْلِۚ وَلَا تُبَاشِرُوْهُنَّ وَاَنْتُمْ عٰكِفُوْنَۙ فِى الْمَسٰجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُوْدُ اللّٰهِ فَلَا تَقْرَبُوْهَاۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ اٰيٰتِهٖ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُوْنَ

“Dihalalkan bagimu pada malam puasa bercampur dengan istrimu. Mereka adalah pakaian bagimu dan kamu adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan dirimu sendiri, tetapi Dia menerima tobatmu dan memaafkanmu. Maka, sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah bagimu. Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian, sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam. Akan tetapi, jangan campuri mereka ketika kamu (dalam keadaan) beriktikaf di masjid. Itulah batas-batas (ketentuan) Allah. Maka, janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia agar mereka bertakwa.”

Dari ayat ini, terdapat tiga indikasi yang membatalkan puasa yaitu, makan, minum, dan bersenggama.

Ketiganya dilarang secara jelas bagi orang yang berpuasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Baca Juga: Manfaat konsumsi Madu selama puasa Ramadan

Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammada berkata :

عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ حَسَنَةٍ عَمِلَهَا ابْننُ آدَمَ إِلَّا كُتِبَ لَهُ عَشْرُ حَسَنَاتٍ إِلَى سَبْعِ مِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلَّا الصِّيَامَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِيي

Dari Rasulullah ﷺ beliau bersabda, “Tidak ada kebaikan yang dikerjakan anak Adam kecuali akan ditulis untuknya sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus kali lipat. Allah -Azza wa Jalla- berfirman: ‘Kecuali puasa, maka sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Aku akan membalasnya, ia meninggalkan syahwat dan makanannya hanya karena Aku….” (HR An Nasai, no 2185)

Syekh Yusuf al-Qardhawi, menjelaskan bahwa larangan dalam Alquran yang ditetapkan bagi orang berpuasa adalah latihan jiwa untuk meninggalkan selera, khusunya selera perut dan kelamin.

Halaman:

Editor: Kholid Mawardi.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

32 Bhante lanjutkan perjalanan menuju Borobudur

Senin, 22 Mei 2023 | 21:30 WIB

Gelombang mudik mulai nampak di GT Palimanan

Sabtu, 15 April 2023 | 00:52 WIB

Terpopuler

X