Bagi yang sudah terjun kedunia blogging atau para praktisi internet marketer pasti mengetahui betapa pentingnya SEO untuk optimasi website dan meningkatkan serta mendongkrak ranking sebuah blog atau website. Bagi para pebisnis atau blogger yang mengais dollar secara online, paham bahwa SEO merupakan tumpuan untuk meningkatkan branding produk maupun untuk meningkatkan kinerja perusahaan melalui web-web yang diciptakannya.

Namun tahukah kita bagaimana mempraktekkan atau mengaplikasikan teknik dan strategi SEO. Bagaimana pula menerapkan atau membangun sebuah website dengan stuktur yang Search Engine Friendly (SEF)?

Branding Online

Melalui SEO atau Search Engine Optimation, pemilik blog atau website dapat meningkatkan promosi terhadap produk yang dijualnya, melakukan branding online dan awareness produk. Banyak pelaku bisnis yang sudah menggantungkan penerapan strategi marketingnya secara online. Apalagi dengan teknik SEO yang baik tentunya akan dapat meningkatkan jumlah kunjungan maupun pembelian produk.

Namun sayangnya, tidak sedikit orang yang belum memiliki arti atau belum memahami dengan baik pentingnya SEO bagi sebuah bisnis. Coba saja Anda perhatikan, masih banyak website bisnis yang lebih mengedepankan dan mengutamakan aspek glamor, dengan banyak animasi, namun minim dalam teks.

Penampilan website yang menarik memang penting dan merupakan hal yang wajar dilakukan banyak pemilik situs. Namun jika target utama pembuatan website adalah untuk kepentingan SEO, jelas hal ini kontra-produktif. Selain hal ini dapat menyebabkan dijauhi search engine, juga dapat mempengaruhi jumlah kunjungan atau visitor. (Baca : Ranking Website)

SEO Itu Mudah atau Susah ?

Pertanyaannya sekarang adalah, sulitkah memahami SEO? Ternyata tidak. SEO itu mudah, bahkan sangat gampang dijalankan oleh siapapun tanpa harus menggunakan atau didampingi konsultan. Hal ini terutama karena kelebihan SEO sebagai ilmu yang dapat dilakukan oleh siapa saja secara mandiri tanpa perlu memahami bahasa pemprograman yang tinggi.

Nah, untuk mendukung kesuksesan bisnis, penting sekali memahami perlunya mengkolaborasikan antara SEO on page dan SEO off page untuk mengoptimasi sebuah website SEO on page lebih menekankan penerapan strategi SEO yang diarahkan dengan mengoptimasi stuktur dalam website, terutama dengan melakukan setingan dari struktur web itu sendiri. Sedangkan SEO off page merupakan strategi SEO yang diarahkan untuk melakukan optimasi dari luar web, yaitu dengan cara membangun backlink yang berkualitas dan dari sumber terpercaya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *